Gadis Jeruk by Jostein Gaarder

Judul : Gadis Jeruk 
Penulis : Jostein Gaarder 
Penerjemah : Yuliani Lupito 
Penerbit : Mizan Pustaka 
Cetakan : Juli 2011 (Gold Edition) 
Tebal : 256 hlm

Terkadang kita jarang memperhatikan bagaimana proses kehidupan orang tua kita dulu. Kita terlalu sibuk dengan urusan kita. Kita lebih asyik mempersiapkan diri kita tanpa melihat pengalaman orang tua. Orang tua, terutama ayah dan ibu adalah orang yang sangat dekat dengan kita. Dari merekalah hidup kita bermula, merekalah yang merawat dan membimbing kita sejak kecil.

Novel Gadis Jeruk adalah kisah seorang gadis yang sangat membuat Jan Olav sangat penasaran. Hal ini bermula saat Jan Olav menaiki sebuah trem . ia melihat seorang gadis yang membawa sekantong jeruk yang berwarna orange ini. Melihat pemandangan itu Jan Olav begitu terkesima. Hingga akhirnya ia menolong gadis jeruk itu yang hampir terjatuh. Namun tidak dengan barang bawaannya, jeruk-jeruk yang dibawa sang gadis terjatuh dan berhampuran di lantai . gadis itu marah dan pergi.

Kejadian itu membuat Jan Olav ingin berjumpa lagi dengan gadis jeruk. Mereka akhirnya bertemu setelah banyak perjuangan yang dilakukan Jan Olav seorang mahasiswa Kedokteran itu. Namun, dari perjumpaan mereka itu timbul banyak keganjilan. Gadis jeruk itu seusai bertemu dengannya selalu menangis. Selama berjumpa mereka tak banyak bicara, singkat, tapi aneh. Belum lagi hingga akhirnya si Gadis mengetahui siapa dirinya. Hal inilah yang membuat Jan Olav semakin semangat mencari tahu.

Post a Comment

0 Comments