4 Keunggulan Ebook Sebagai Alat Marketing

4 Keunggulan Ebook Sebagai Alat Marketing

Ebook bisa digunakan untuk beragam manfaat, itu sebabnya banyak situs yang menawarkan ebook. Meski panjang isi ebook bisa berbeda, ebook tetap merupakan cara paling relevan untuk menarik minat pembaca. Itu sebabnya, ebook banyak dimanfaatkan untuk keperluan marketing.
Kalau dibuat secara benar, ebook bisa memberi perbedaan siginifikan untuk hasil marketing. Ebook bisa menghadirkan detil mendalam tentang suatu topik. Ada sejumlah keunggulan kenapa ebook kini menjadi bagian penting dalam urusan pemasaran, terkhusus untuk strategi digital berbasis konten.

1. Meningkatkan kredibilitas perusahaan

Tulisan panjang lebih mampu mencerminkan kredibilitas dan keahlian perusahaan daripada konten pendek seperti artikel blog. Alasannya, konten panjang bisa menyediakan ulasan mendalam. Ini berbanding terbalik dengan konten singkat yang hanya mengulas bagian dasar.
Karena tulisannya panjang, ebook lebih efektif dalam menyampaikan pesan terutama untuk segmen tertentu. Tentu saja ini harus disertai cara yang benar, misalnya menggunakan sistematika penulisan yang baik, hingga komposisi desain mumpuni yang diterapkan pada ebook.
Kebanyakan pembaca ebook bertujuan mencari informasi, juga untuk keperluan edukasi. Tapi tentu saja, ebook bisa dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan terkait promosi. Karena itu, struktur ebook yang efektif bisa meningkatkan daya serap informasi yang termuat.

2. Biaya produksi murah

Kalau dibanding dengan materi promosi yang lain, biaya produksi ebook lebih murah. Ini jadi kabar baik untuk perusahaan yang sangat ketat dengan alur keuangannya. Lewat ebook, anggaran marketing bisa ditekan karena tak harus membuat beragam alat promosi lain yang berharga mahal.
Semisal tak ingin mengeluarkan lebih banyak modal lagi, tinggal luangkan waktu untuk mencari topik lalu mulai menulis. Dengan cara ini, biaya produksi ebook bisa ditekan lagi. Contoh perbandingannya yaitu antara membuat ebook atau menyewa agensi pembuat iklan.
Membuat dan mengembangkan ebook bukan suatu pekerjaan sulit, dan tak butuh waktu lama. Dari awal menemukan ide, lalu menulis, sampai dengan publikasi, waktu yang diperlukan tak lebih dari satu minggu. Itu berarti, ebook lebih ramah waktu dibanding metode marketing lain.

3. Distribusi mudah

Masalah yang dihadapi tenaga pemasaran saat ini yaitu alur distribusi materi marketing. Lewat ebook, perusahaan tak harus pusing memikirkan alur distribusinya. Mudahnya, tinggal diunggah ke laman website, ebook akan diunduh sendiri oleh siapa saja yang butuh.
Tapi jika ingin ebook cepat diserap pembaca, ada banyak cara yang bisa ditempuh. Selain dari website pribadi, distribusi juga bisa dilakukan lewat marketplace khusus ebook. Cara lain yang juga banyak dipakai yaitu mengedarkan secara gratis lewat akun email dan media sosial.
Pembaca ingin ebook bisa dibaca lewat media apapun, entah dari PC atau gadget. Jadi pastikan untuk membuat ebook dalam berbagai format file sehingga kompatibel untuk semua ebook reader. Selain PDF, format lain yang sering digunakan seperti Kudo, Mobi, dan sebagainya.

4. Marketing tak terlihat

Pembaca web kadang mengeluh karena frekuensi iklan yang muncul sangat menggangu. Hasilnya, beberapa pembaca langsung menutup laman web karena jenuh dibanjiri iklan. Solusinya, pembaca beralih ke ebook yang dinilai masih bersih dari iklan.
Kesempatan ini bisa dimanfaatkan perusahaan untuk membuat ebook dengan mengangkat suatu topik tertentu tanpa iklan. Dari sini, ebook bisa disisipi semacam konten promosi tapi dengan cara yang lebih halus, istilahnya subtle marketing. Faktor inilah yang membuat ebook jadi unik.
Pembaca mengunduh ebook karena butuh informasi, dan dengan menawarkan ebook secara gratis, perusahaan secara tak langsung memberi persepsi sendiri tentang suatu topik. Ulasan topik yang diangkat lalu bisa dibumbui semacam iklan berupa tulisan yang bernada persuasif.

Post a Comment

0 Comments