6 Sebab Kenapa Tiap Bisnis Harus Membuat Ebook

6 Sebab Kenapa Tiap Bisnis Harus Membuat Ebook

Di era yang makin digital, sudah jadi keharusan untuk tiap bisnis memiliki buku digital sebagai bagian dari strategi pemasaran. Buku digital, familiar dengan sebutan ebook, mampu menyediakan banyak peluang terutama untuk melakukan penetrasi bisnis di segmen pasar baru.
Hingga beberapa tahun belakangan, penjualan gadget terus meningkat. Artinya, ada peluang ebook terjual lebih banyak di masa mendatang. Terlepas dari tren ini, nyatanya masih banyak bisnis yang enggan menyediakan ebook. Padahal ada beragam manfaat kalau mau menyediakan ebook.

Ebook menarik segmen baru

Membuat ebook merupakan bagian penting dari strategi marketing modern yang kini banyak diadopsi. Tujuan marketing sebenarnya hanya satu, yaitu menarik konsumen supaya mau membeli apa yang ditawarkan. Dan ebook bisa menjadi media yang pas untuk ini.
Ebook bisa menjadi cara paling ampuh untuk menarik minat dari target yang spesifik, tapi juga mampu menarik minat segmen baru. Strategi pemasaran saat ini dipenuhi konten blog, dan ebook menyediakan peluang lebih besar karena tak banyak kompetitor yang fokus ke ebook.

Ebook menambah daftar email

Maksudnya, tak ada bisnis yang bisa tahan lama tanpa mengandalkan email konsumen. Semisal bisnis yang dijalankan berupa usaha online, email jadi makin penting. Atau, meski bisnis yang digeluti adalah offline, menambah daftar email pelanggan tetap hal penting.
Email menyediakan akses langsung ke konsumen yang punya ketertarikan pada produk yang dijual. Tiap pebisnis online pasti tahu ini, dan ebook bisa dimanfaatkan untuk menambah daftar email. Jika belum tahu, ebook biasanya dikirim via email, entah berupa file atau link.

Ebook membangun eksistensi

Tiap pebisnis pasti tahu bagaimana susahnya mencari konsumen. Tapi apa yang membuat konsumen mau memilih satu merek dibanding yang lain? Jawabannya, konsumen potensial akan mengasosiasikan merek suatu produk dengan perusahaan pembuatnya.
Poin utamanya, kalau perusahaan selalu eksis di mata konsumen, maka akan selalu mendapat nilai plus dan produknya laku keras. Dan tentu saja, satu cara untuk membangun eksistensi yaitu lewat ebook, misalnya dengan diisi profil perusahaan atau penawaran produk tertentu.

Ebook meningkatkan pemasaran

Digital marketing merupakan strategi yang paling ampuh mendatangkan profit saat ini. Tren ini seperti belum akan berakhir, contoh mudahnya yaitu konten blog. Masalahnya, konten blog seringnya tak bisa menyediakan informasi dengan detil yang begitu dalam.
Di sinilah peran ebook, yaitu sebagai media yang mampu memberi satu bahasan utuh secara detil tentang ulasan produk. Hasilnya, informasi yang disajikan bisa diserap secara utuh oleh target konsumen yang dituju. Dan ini tentu kabar baik untuk bagian marketing.

Ebook bisa menghasilkan uang

Kalau topik yang diangkat dalam ebook benar-benar luar biasa, konsumen manapun akan rela membayar. Garis besarnya, ebook harus benar-benar bernilai. Jika ini bisa terjadi, ebook yang sedari awal hanya difungsikan sebagai penjelas, justru bisa menghasilkan uang.
Artinya, ebook bisa berperan layaknya pendapatan pasif disamping bisnis utama yang dijalani. Tapi selalu ingat bahwa, konsumen tak akan mau membayar ebook kecuali punya alasan. Jadi, beri alasan jelas kenapa harus membeli ebook alih-alih membeli yang lain.

Konsumsi ebook

Untuk makin mempertebal keyakinan kenapa tiap bisnis modern harus menyediakan ebook, ada statistik yang menyebut kalau 50% pengguna gadget memiliki ebook reader dan sering membaca lewat komputer, laptop, juga smartphone.
Lihat, betapa masifnya perbandingan ini dan porsi pembaca ebook sudah menyamai pembaca buku cetak. Itu sebabnya, bisnis ebook terus tumbuh karena tingkat konsumsinya makin naik dari tahun ke tahun. Menariknya, kompetitor di bisnis ini tak seramai di bisnis lain.
Akhir kata, selamat berkarya dengan ebook.

Post a Comment

0 Comments