Bagaimana Cara Memasarkan Bisnis Menggunakan Ebook?

Bagaimana Cara Memasarkan Bisnis Menggunakan Ebook?

Segala cara sudah dicoba supaya bisnis makin berkembang. Dari mulai membuat website, menggunakan media sosial, juga email marketing. Meski semua cara sudah diadopsi, bisnis tetap berpeluang besar kehilangan segmen pasar khusus jika melupakan ebook.
Selain mampu membuka segmen baru, memasarkan bisnis dengan ebook menyediakan banyak keunggulan. Satu yang pasti, ongkos produksi tak terlalu mahal kalau dibanding strategi marketing lain. Juga, ebook memiliki rasio konversi tinggi sehingga lebih pasti dalam menghasilkan profit.

Memberi umpan

Tujuan utamanya memasarkan bisnis, dan ebook hanya berperan layaknya umpan manis. Tapi kalau bisa dikelola dengan baik, ebook justru bisa menjadi ladang pemasukan. Ebook memuat banyak informasi mendetil terkait suatu bisnis, dan inilah yang dimau konsumen.
Jadi, posisikan ebook sedemikian rupa sehingga mampu memberi nilai lebih dalam menyajikan suatu informasi seputar produk atau jasa yang ditawarkan. Bahkan, ada kemungkinan sebanyak 70% produk akan terjual setelah konsumen membeli dan membaca ebook.

Menjawab pertanyaan konsumen

Inilah masalah utama bisnia modern sekarang. Perusahaan ingin lebih dekat dengan konsumen, tapi tak menyediakan cara untuk menjawab pertanyaan yang diajukan konsumen. Lewat ebook, apa yang jadi pertanyaan konsumen bisa dijawab secara mendalam.
Ebook seolah menjadi penjelas tentang semua hal yang perlu diketahui konsumen. Ambil kesempatan ini lalu ubah jadi peluang. Ini tak ubahnya seperti win-win solution. Konsumen ingin mendapat informasi, dan perusahaan bisa mendapat imbalan profit dari situasi ini.

Membangun database

Saat konsumen ingin mendapat ebook, mereka harus mendaftar lewat email. Selesai mendaftar, ebook akan dikirim via email. Dari transaksi semacam ini, perusahaan bisa mengumpulkan daftar konsumen lalu dibuat menjadi semacam database.
Database nanti bisa dimanfaatkan perusahaan untuk memberi pesan penawaran seputar produk baru. Di poin ini, ebook menawarkan cara cepat dan hemat dalam mencari calon konsumen potensial. Untuk pertama, pertimbangkan untuk memberi ebook secara cuma-cuma.

Membangun merek

Pebisnis manapun pasti tahu kalau membangun merek itu tak mudah. Tapi dengan beberapa sentuhan, ebook bisa dimanfaatkan untuk membangun merek dengan skala besar. Tentunya, aspek professional sangat diperlukan untuk menghadirkan ebook berkualitas.
Ini bisa dilihat dari tampilan luarnya, format tulisan, gaya bahasa, tingkat keterbacaan, juga aspek pendukung lain. Tujuan dari taktik ini yaitu mendongkrak brand awareness dari suatu bisnis. Jika ini sudah tercapai, laju penjualan akan meningkat dengan sendiri.

Memicu efek domino

Mengacu di poin awal, ebook dalam hal ini hanya umpan awal, selain juga menyediakan informasi dan jawaban. Begitu semua isi ebook sudah diserap sempurna, pembaca seperti ini bisa dianggap sebagai konsumen pasif karena belum menentukan pilihan.
Kalau ternyata pembaca tertarik dengan isi ebook dan berencana membeli, statusnya berubah jadi konsumen potensial. Begitu selesai membeli, statusnya berubah ke konsumen prospektif. Semisal suatu saat membeli lagi, status sebagai konsumen loyal akan disandang.

Menegaskan konsistensi

Membangun bisnis sama saja membangun pengikut. Logikanya, makin konsisten suatu bisnis, maka dapat pengikut banyak. Untuk membangun konsistensi, ebook jadi media yang tepat karena mampu menampung apapun yang ingin disampaikan demi mempertegas eksistensi.
Dengan memberi informasi berguna di tiap ebook, pembaca akan mulai menghargai penyedia informasi, yaitu perusahaan. Sebagai gantinya, konsumen akan langsung melirik ke perusahaan jika butuh suatu produk. Dan jika terus konsisten, akan ada banyak konsumen loyal datang.
Jadi, sudah siap menarik segmen baru lewat ebook?

Post a Comment

0 Comments