Cara Menggunakan Ebook Untuk Strategi Marketing

Cara Menggunakan Ebook Untuk Strategi Marketing

Konten yang bagus merupakan satu cara prospektif untuk menjadi pemimpin di satu bidang bisnis. Konten yang dimaksud bisa berupa apa saja, seperti video atau tulisan. Untuk tulisan, kalau dijabarkan lagi, tulisan bisa berbentu apaun, misalnya postingan atau ebook.
Satu keunggulan dari ebook yaitu bisa diunduh kapan saja. Tak seperti postingan atau video, ebook terasa lebih bernilai. Sebab itu, ebook dinilai tepat sebagai alat marketing karena bisa mengupas informasi yang mendalam. Tak perlu heran kalau banyak industri bisnis sudah mengadopsi cara ini.
Ebook bisa menawarkan pembahasan hingga tingkat yang paling dalam tentang satu topik daripada postingan. Karena fungsinya yang begitu luar biasa ini, ebook kini jadi alat marketing favorit. Bahkan, beberapa praktisi digital marketing menempatkan ebook di urutan dua setelah postingan.

1. Ebook untuk menguatkan merek

Bisa dibilang kalau dalam beberapa tahun nanti, ebook akan jadi bagiak pokok dari strategi digital marketing. Di era yang makin komersil ini, merek adalah segalanya. Satu studi bahkan menyebut kalau 63% konsumen hanya akan membeli produk dari perusahaan dengan merek terpercaya.
Satu strategi untuk meraih kepercayaan konsumen yaitu dengan membuat ebook yang mengulas suatu produk dan menjawab pertanyaan konsumen dengan cara yang menarik. Semisal masih bingung tentang topik apa yang mau diangkat, coba beri ulasan topik dari bagian terkecil lalu tambah detil.

Setidaknya ada dua hal pokok yang musti diperhatikan saat membuat ebook, yaitu konten dan desain. Konten yang bagus harus dibuat seunik mungkin dan mampu mengintimidasi pembaca untuk melakukan call to action. Sedang desain ebook harus professional sehingga memberi kesan sangat kredibel.

2. Ebook sebagai pusat strategi marketing

Saat membahas topik yang kompleks, pembaca pasti lebih memilih tulisan panjang karena mampu menyajikan informasi mendetil daripada postingan blog yang pendek. Sebagai perbandingan, postingan dengan panjang minimal 1500 kata lebih ampuh mendatangkan traffic dan rasio konversi tinggi.

Ada kecenderungan yang berubah, yang mana pembaca saat ini lebih suka ulasan yang lebih mendalam dan punya nilai tinggi. Ebook menjadi media paling pas sebagai bagian strategi marketing masa kini. Tapi ini harus didukung lewat tampilan komposisi layout yang pas dan terlihat mumpuni.
Dalam satu ebook, paling tidak harus memuat tulisan interaktif, infografis, email promosi, juga video atau media lain. Dengan karakteristik seperti ini, ebook dijamin bisa menghasilkan rasio konversi yang luar biasa tinggi. Hasilnya, tingkat keterkenalan merek bisa meningkat secara signifikan.

3. Ebook untuk membangun email marketing

Lewat email, suatu bisnis akan lebih mudah melakukan penetrasi ke konsumen secara langsung. Email juga membantu perusahaan berkomunikasi ke konsumen dengan sangat efektif secara langsung. Masalahnya adalah, menumbuhkan email marketing tak semudah yang dipikirkan.
Tapi dengan ebook yang berkualitas tinggi, konsumen potensial akan secara suka rela memberi kontak email untuk bertukar dengan informasi yang berguna. Banyak studi sudah mengatakan ini, dan itu artinya jika perusahaan bisa meningkatkan email marketing maka akan dapat lebih banyak konversi.

Untuk membangun email marketing, harus lebih dulu membuat ebook. Lalu harus membuat landing page berkualitas supaya ebook mudah ditemukan. Cara ini bisa ditambah dengan memanfaatkan media sosial untuk promosi, yang mana nanti bisa meningkatkan social proof sehingga merek lebih dipercaya.

Dengan kombinasi media sosial, landing page, dan konten blog, ebook bisa menjadi satu alat marketing yang paling kuat. Pengunjung website ingin mendapat pengalaman lebih personal, dan ebook bisa memberikan ini. Jadi, sangat wajar kalau ebook kini menjadi bagian penting dari digital marketing.

Post a Comment

0 Comments