Langkah Mudah Membuat dan Menjual Ebook di Website

Langkah Mudah Membuat dan Menjual Ebook di Website

Satu cara paling efektik untuk mendapat pemasukan dari hobi menulis yaitu lewat ebook. Pada dasarnya, membuat dan menjual ebook itu tak sulit. Hanya butuh sikap konsisten dan komitmen kuat untuk mulai. Tapi proses akan mudah dilewati jika sedari dulu sudah gemar menulis.
Membuat ebook memang mudah, tapi menjualnya sedikit susah. Sebenarnya, ada banyak marketplace di luar sana yang bisa dijadikan lapak jualan ebook, tapi kadang prosesnya rumit. Menjual ebook dari website pribadi dinilai lebih bagus, karena bisa dikontrol langsung dan tak harus membayar persenan.

Menulis ebook

Setidaknya, ada tahapan penting saat ingin menulis ebook, yaitu menentukan topik, membuat judul menarik, lalu tulis apapun yang ada di otak. Untuk mempermudah semua ini, tulis apa yang jadi kegemaran. Seperti inilah pengarang memulai karya tulisnya.
Semisal sudah menemukan topik apa yang mau dibahas, segera tentukan judul lalu buat kerangka tulisan. Sebisa mungkin, judul yang dipilih harus bisa mengundang rasa penasaran. Begitu sudah punya gambaran umum, langsung tulis apapun yang terlintas di otak.

Format tulisan

Tak ada aturan pasti bagaimana seharusnya gaya tulis ebook yang benar. Yang ada, apakah ebook yang dibuat itu bagus atau tidak. Baik jika semua maksud yang termuat dalam ebook bisa dimengerti pembaca lewat format yang sederhana tapi berkesan.
Sebaliknya, ebook dianggap tak berguna jika tak menarik minat pembaca. Entah dari gaya bahasa yang dipakai, sistematika penulisan, judul yang kurang menarik, atau terlalu apa adanya. Sebaiknya, tambah gambar atau grafik tertentu untuk makin memperkaya tampilan ebook.

Proofread

Tahapan ini begitu penting di dunia tulis menulis. Proofread bisa menemukan tulisan yang salah, salah ejaan, juga tingkat keterbacaan tulisan. Dengan melakukan proofread, kesalahan apapun bisa direvisi lagi sehingga ebook kian tampak professional karena bebas salah.
Membaca dengan nada tinggi merupakan cara yang tepat untuk mengetahui apa ada yang salah dengan ejaan atau tidak. Secara tak langsung, otak akan menemukan apa yang salah, mengoreksi tipo, juga mengurutkan kata yang tak tepat.

Membuat sampul

Dari perspektif pembeli, ebook akan dinilai dari sampulnya. Ini mungkin klise, tapi ada benarnya. Sampul buku yang bagus harus tampak professional sekaligus membuat pembaca merasa penasaran dan terintimidasi sehingga ingin melihat isi di dalam buku.
Beberapa elemen musti diperhatikan, misalnya gunakan warna berbeda pada judul dan background. Juga, gunakan ukuran huruf besar untuk judul sehingga mudah dibaca. Terakhir, hindari menggunakan gambar kualitas rendah dan pastikan itu milik pribadi.

Format file

Memilih format file yang benar bisa menjadi kunci untuk menjual ebook secara online. Sebagai gambaran, ada beragam format yang dipakai di luaran sana. Misalnya saja, jika ingin menjual ebook lewat Amazon Kindle, gunakan format Mobi.
Jika ingin memakai format universal yang umum dipakai, format PDF bisa dipilih. Tapi untuk jenis marketplace tertentu, ebook yang dijual harus berfortmat Epub. Di antara toko buku digital yang memakai format Epub seperti iBookstore, Barnes & Noble, dan Kobo.

Menambah ebook ke website

Semisal tak ingin menjual lewat marketplace, ebook bisa dijual secara mandiri lewat website pribadi. Tinggal unggah ebook plus gambar sampul, beri deskripsi singkat, pasang harga, dan ebook sudah siap dijual. Sederhana dan tak repot dibanding menjual di marketplace.
Tapi jika ingin tampak professional, beberapa jenis plugin ecommerce bisa membantu. Kesan professional langsung tampak dan order bisa langsung dilacak begitu pesanan masuk. Lebih dari itu, tampilan lapak ebook juga bisa dikustom menyesuaikan dengan ide.
Bagaimana, sudah siap berbisnis ebook?

Post a Comment

0 Comments